TUGAS KOMUNIKASI BISNIS
MEMBUAT ARTIKEL / KELOMPOK
PERUSAHAAN MANUFACTURING YANG MENGGUNAKAN KOMUNIKASI BISNIS
(KOMBIS)
PT GOLDEN CASTLE
KELOMPOK 6
(ENAM) :
1.
Zahrida
Putri Ragil (E2A015011) (S1 Manajemen)
2. Melina Faricha Putri (E2B016014) (S1
Akuntansi)
3.
Tribuna Chyntia (E2B016040) (S1
Akuntansi)
4. M. Irsyadi Yazid (E2B016022) (S1
Akuntansi)
TUGAS :
“Membuat Artikel dari Perusahaan Manufacturing PT GOLDEN CASTLE”
“Membuat Artikel dari Perusahaan Manufacturing PT GOLDEN CASTLE”
A.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah
pertukaran gagasan , pendapata, informasi , instruksi yang memiliki tujuan
tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol
atau sinyal.
B. Contoh
Kasus (ARTIKEL)
PT Golden Castle, bergerak
dalam bidang konveksi atau textil, mengalami permasalahan antara
perusahaan dengan karyawan. Permasalahan ini terjadi yang disebabkan oleh
adanya miss communication antara atasan dengan
karyawannya. Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaan mengenai
penghitungan gaji atau upah kerja karyawan, namun pihak perusahaan
belum memberitahukan para karyawan, sehingga karyawan merasa
diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan. Para
karyawan mengambil tindakan yaitu dengan mendemo perusahaan, Namun
tindakan ini berujung pada PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) besar-besaran
yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan manapun pasti
pernah mengalami permasalahan internal. Mulai dari
tingkat individu, kelompok, sampai unit. Mulai dari derajat dan
lingkup permasalahan yang kecil sampai yang besar. Yang relatif
kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi antarkaryawan, sampai
yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi bisnis di
kalangan manajemen. Contoh lainnya dari permasalahan yang relatif
besar yakni antara karyawan dan manajemen. Secara kasat mata kita bisa
ikuti berita sehari-hari di berbagai media.
Disitu tampak permasalahan dalam bentuk demonstrasi
danpemogokan. Apakah hal itu karena tuntutan besarnya kompensasi,
kesejahteraan, keadilan promosi karir, ataukah karena tuntutan
hak asasi manusia karyawan.
C. Penjelasan
Kasus :
Didalam hubungan komunikasi di
suatu lingkungan kerja atau perusahaan antara individu akan sering
terjadi. Permasalahan yang sering terjadi biasanya adalah karena
masalah kominikasi yang kurang baik. Sehingga
cara mengatasimasalah dalam perusahaan harus benar-benar
dipahami management inti dari perusahaan, untuk meminimalisir
dampak yang timbul. Permasalahan atau konflik yang
terjadi antara karyawan atau karyawan dengan atasan yang terjadi
karena masalah komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan dengan
system yang terstruktur. Karena jika masalah komunikasi antara atasan
dan bawahan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok kerja, bahkan
demo. Sehingga untuk mensiasati masalah ini bias dilakukan dengan
berbagai cara :
1. Membentuk suatu system informasi
yang terstruktur, agar tidak terjadi kesalahan dalam
komunikasi. Misalnya, dengan membuat papan pengumungan atau
pengumuman melalui loudspeaker.
2. Buat komunikasi dua arah antara
atasan dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, misalnya dengan
membuat rapat rutin, karena dengan komunikasi yang dua arah
dan intens akan mengurangi masalah di lapangan.
3. Beri pelatihan dalam hal
komunikasi kepada atasan dan karyawan, pelatihan akan memberikan
pengetahuan dan ilmu baru bagi setiap individu dalam organisasi
dan meminimalkan masalah dalam hal komunikasi Biasanya masalah timbul
karena lingkungan yang kurang kondusif di suatu perusahaan.
Misalnya, kondisi cahaya yang kurang, atau sirkulasi yangkurang baik, dan
temperature ruangan yang tinggi sangat mungkin untuk
meningkatkan emosi seseorang, jadi kondisi dari lingkungan juga harus
di perhatikan.
D. Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar