Senin, 25 September 2017

TUGAS KOMUNIKASI BISNIS KELOMPOK (DJOKO PURWANTO HALAMAN 22-23)

TUGAS
HALAMAN 22-23 KOMUNIKASI BISNIS
BUKU REFERENSI DJOKO PURWANTO 
  • ·         KELOMPOK 6 (ENAM) :
1)      Zahrida Putri Ragil              (E2A015011)              (S1 Manajemen)
2)      Fira (Melina Faricha Putri)  (E2B016014)              (S1 Akuntansi)
3)      Yasid (M. Irsyadi Yazid)      (E2B016022)              (S1 Akuntansi)
4)      Tribuna Chyntia                   (E2B016040)              (S1 Akuntansi)

TUGAS :

1.   Untuk menghidupkan suasana dalam kelas,berikut ini ada suatu permainan komunikasi berantai secara sederhana yang dapat digunakan oleh dosen. Pilihlah secara acak sekitar 5-8 mahasiswa yang ada di dalam kelas. Atau dapat juga Anda tawarkan di hadapan para mahasiswa siapa yang bersedia secara sukarela untuk melakukan kegiatan permainan didalam kelas. Apabila anda sudah mendapatkan para peserta permainan tersebut, maka pilih salah seorang diantaranya untuk tetap tinggal didalam kelas, sedangkan peserta yang lain dimohon keluar ruangan kelas (jangan terlalu dekat dengan ruang kelas). Selanjutnya, peserta yang Anda tunjuk untuk tinggal di dalam kelas tersebut Anda beri tugas untuk menyampaikan suatu pesan (jangan terlalu sederhana, tetapi juga jangan terlalu rumit) secara berantai ke teman-temannya yang ada diluar kelas tadi. Bagaimana caranya? Salah seorang peserta yang ada diluar kelas dipanggil untuk masuk ke kelas. Selanjutnya, peserta yang pertama tersebut menyampaikan pesan yang telah disampaikan oleh instruktur kepada peserta kedua. Apabila telah selesai, peserta yang pertama dipersilahkan duduk. Selanjutnya, peserta ketiga dipanggil masuk didalam kelas. Peserta kedua menyampaikan pesan ke peserta ketiga. Apabila telah selesai, panggil peserta berikutnya dan seterusnya, sampai peserta yang terakhir. Para peserta lain yang tidak memperoleh tugas permainan tersebut diminta memberikan komentar, tanggapan terhadap proses permainan komunikasi berantai tersebut!

2.   Mahasiswa dikelompokkan kedalam beberapa kelompok, misalnya 5 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 6 – 8 mahasiswa. Masing-masing mahasiswa menerima selembar kertas kosong. Selanjutnya mahasiswa diminta untuk menggambar secara bebas, dengan catatan :
·       Mahasiswa diminta untuk menentukan akan menggambar apa.
·       Mahasiswa dilarang untuk menginformasikan gambar yang Anda pilih tersebut kepada temannya. Artinya cukup Anda saja yang tahu tentang gambar tersebut.
·   Waktu menggambar dilakukan secaara bersamaan dengan aba-aba dari dosen atau pemandu.
·  Pada saat menggambar masih berlangsung, gambar tersebut digeser searah atau berlawanan arah dengan jarum jam.
·      Pergeseran gambar tersebut dilakukan setiap 1 – 2 menit, sampai pada akhirnya gambar yang beredar tersebut kembali kepada si pemilik.
Setelah permainan tersebut selesai, maka coba perhatikan gambar masing-masing mahasiswa tersebut. Apakah gambar tersebut sesuai atau tidak dengan ide semula? Kalau gambar tersebut sesuai dengan ide semula, mengapa hal itu bisa terjadi? 
3.    Mahasiswa dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan antara 6 s/d 10 mahasiswa untuk setiap kelompoknya. Selanjutnya edarkan kertas HVS kosong dimana setiap kelompok memperoleh cukup satu lembar saja. Setiap kelompok dipilih secara sukarela untuk menjadi ketua kelompok. Ketua kelompok yang terpilih tersebut akan menjadi pengamat diskusi dikelompoknya. Selanjutnya, setiap kelompok memilih satu topik diskusi yang aktual secara bebas. Tugas masing-masing ketua kelompok adalah mengamati dan mencatat sinyal nonverbal yang muncul selama proses diskusi berlangsung dilembar kertas kosong HVS yang telah disediakan. 

4.    Ketika Anda berada dalam suatu ruang perpustakaan atau ruang laboratorium komputer, coba Anda amati dan identifikasi berbagai sinyal komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut.
  • ·         JAWABAN : (URAIAN)
  1.     Pilihlah secara acak sekitar 5 – 8 mahasiswa yang ada di dalam kelas, Kelompok kami (Kelompok 6) memilih 5 mahasiswa yang terdiri atas :
1)   Nanda Trias Ramadhani                (E2A015046)              (S1 Manajemen)
2)   Muhammad Edi Hartanto              (E2A015032)              (S1 Manajemen)
3)   Reynaldi Alfi Yulianto                  (E2A015025)              (S1 Manajemen)
4)   Muh. Hilal Wildanul. K                (E2A0150..)                (S1 Manajemen)
5)   Muhammad Zakaria                      (E2A015012)              (S1 Manajemen)
6)   Bayu Steven                                  (E2B0150..)                (S1 Akuntansi)
7)   Dwi                                                (E2B0150..)                (S1 Akuntansi) 

Pilih salah seorang untuk diantaranya untuk tetap tinggal didaalam kelas : Kelompok kami memilih salah satu diantara mereka yaitu Ananda Reynaldi Alfi Yulianto salah seorang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi prodi S1 Manajemen. Selanjutnya kami selaku kelompok 6 menyampaikan suatu pesan kepada saudara Reynaldi Alfi Yulianto, pesan tersebut berisi :
a.   Kuliah yuk biar pintar jangan titip absen ya.
b.  Semangat kuliah itu karena ada kamu.
c.   Kalau mencari ilmu saja kamu malas, bagaimana kamu mencari pasangan hidup nanti.
d.  Kamu tidak akan  berbohong kepada hatimu sendiri, tapi kamu pasti bisa berbohong kepada pasanganmu.
e.  Mata bisa salah memandang, mulut bisa salah berucap, akan tetapi hati tak pernah salah merasa.
f.  Kalau suka ya bilang suka, kalau sayang ya bilang sayang, kalau cinta jangan ditunda-tunda, nanti diambil orang.

2. Bagaimana caranya? Saudara Reynaldi Alfi Yulianto memanggil peserta dengan urutan sebagai berikut :
1)      Hilal Wildanul Khuluq
2)      Bayu Steven
3)      Muhammad Zakaria
4)      Dwi
5)      Muhammad Edi Hartanto
6)      Nanda Trias Ramadhani
Text Box: REYNALDI ALFI.Y Text Box: BAYUText Box: HILALJika urutan tersebut di tata dalam sebuah bagan maka akan nampak seperti ini :


2   
Setiap kelompok terdiri atas 6 – 8 mahasiswa, Kelompok kami memilih (para mahasiswa) tersebut, yakni sebagai berikut :
1)        Shoffiyah                 (S1 Manajemen)
2)        Umi Farida               (S1 Manajemen)
3)        Reynaldi Alfi.Y       (S1 Manajemen)
4)        Muhammad Edi.H   (S1 Manajemen)
5)        Nanda Trias.R          (S1 Manajemen)
6)        Andratmaja.T.P        (S1 Manajemen)
Mereka semua diminta untuk menggambar secara bebas, gambar tersebut akan di putar searah jarum jam selama 1 – 2 menit yang dipandu oleh salah seorang anggota kelompok kami, lalu apabila gambar telah sampai pada pemilik awal akhirnya permainan telah selesai, lalu apakah ide tersebut sama dengan ide awal ataukah tidak? Bisa dijelaskan kalau sama berarti semua kelompok tersebut antusias untuk menjalankan permainan sangatlah kuat dan mereka sangat berkonsentrasi, namun apabila tidak hal itu disebabkan karena sulitnya seseorang dalam membaca pikiran atau karakter orang lain karena biasanya untuk hal seperti itu diperlukan pembelajaran sesuai dengan ilmu dan bidangnya. Untuk dapat menebak hal semacam itu kita juga bisa menggunakan gerakan tubuh, sinyal-sinyal, bahasa tubuh (body language) dan lain sebagainya karena hal tersebut digunakan sebagai alat untuk berkomunukasi dengan orang lain.
3. Mahasiswa dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan antara 6 s/d 10 mahasiswa, kelompok kami memilih 4 kelompok yang telah di bentuk saat pembentukan kelompok (kemarin). Setelah itu kelompok kami membagikan kertas HVS pada kelompok-kelompok tersebut (yang terpilih) selanjutnya kami melakukan pengamatan sebagai berikut :
1) Pertama pada pengamatan pertama kami melihat adanya percakapan, kontak mata, tersenyum,nada ramah dalam suara, dan percakapan dalm personal topic.
2)  Pengamatan kami juga tertuju pada adanya mahasiswa yang menghindar agar tidak dikuasai oleh dosen dengan menggunakan teknik-teknik dominan, seperti sembunyi di pundak teman dan lain sebagainya.
3)   Adanya gaya-gaya mahasiswa yang umum pada semula seperti percaya diri yang kuat, keyakinan mahasiswa yang kuat, ragu-ragu, gembira dan lain sebagainya.
4. Komunikasi verbal dan nonverbal yang terjadi pada mahasiswa yang sedang berada dalam perpustakaan atau laboratorium komputer yaitu :
  • ·         Untuk komunikasi verbal :
1) Biasanya para mahasiswa melakukan percakapan secara langsung yaitu dengan cara bertatap muka.
2)    Mendengarkan berita atau cerita, baik secara langsung ataupun melalui media (biasanya yang melalui media ialah laboratorium komputer).
3)      Melakukan panggilan lewat telepon.
4)      Interaksi mahasiswa dengan mahasiswa saat berada dalam ruangan tersebut.
5)      Aktivitas jual beli, antara penjual dan pembeli.
  • ·         Adapun contoh komunikasi nonverbal adalah di bawah ini :
1)    Bahasa tubuh seperti : bersalaman, sentuhan, anggukan kepala, cara berpakaian, gerakan tangan dll.
2)      Ekspresi wajah seperti : senyum, tertawa, pandangan mata, mengkerut, dll.
3)  Simbol-simbol atau lambang-lambang seperti : pakaian seragam yang menunjukkan identitas si pemakai.
Hal-hal yang diuraikan diatas ialah hal-hal yang dapat membuat komunikasi antar individu (mahasiswa yang satu dengan yang lainnya) berjalan baik, tetapi sebaliknya apabila komunikasi tanpa disertai oleh segala sesuatu yang telah diuraikan kelompok kami diatas maka komunikasi tersebut menjadi tidak baik dan dalam waktu yang singkat komunikasi tersebut akan terhenti. 

Tidak ada komentar: