TUGAS
HALAMAN 22-23 KOMUNIKASI BISNIS
BUKU REFERENSI DJOKO PURWANTO
- · KELOMPOK 6 (ENAM) :
2) Fira (Melina Faricha Putri) (E2B016014) (S1
Akuntansi)
3) Yasid (M. Irsyadi Yazid) (E2B016022) (S1
Akuntansi)
1. Untuk menghidupkan suasana dalam
kelas,berikut ini ada suatu permainan komunikasi berantai secara sederhana yang
dapat digunakan oleh dosen. Pilihlah secara acak sekitar 5-8 mahasiswa yang ada
di dalam kelas. Atau dapat juga Anda tawarkan di hadapan para mahasiswa siapa
yang bersedia secara sukarela untuk melakukan kegiatan permainan didalam kelas.
Apabila anda sudah mendapatkan para peserta permainan tersebut, maka pilih
salah seorang diantaranya untuk tetap tinggal didalam kelas, sedangkan peserta
yang lain dimohon keluar ruangan kelas (jangan terlalu dekat dengan ruang
kelas). Selanjutnya, peserta yang Anda tunjuk untuk tinggal di dalam kelas
tersebut Anda beri tugas untuk menyampaikan suatu pesan (jangan terlalu
sederhana, tetapi juga jangan terlalu rumit) secara berantai ke teman-temannya
yang ada diluar kelas tadi. Bagaimana caranya? Salah seorang peserta yang ada
diluar kelas dipanggil untuk masuk ke kelas. Selanjutnya, peserta yang pertama
tersebut menyampaikan pesan yang telah disampaikan oleh instruktur kepada
peserta kedua. Apabila telah selesai, peserta yang pertama dipersilahkan duduk.
Selanjutnya, peserta ketiga dipanggil masuk didalam kelas. Peserta kedua
menyampaikan pesan ke peserta ketiga. Apabila telah selesai, panggil peserta
berikutnya dan seterusnya, sampai peserta yang terakhir. Para peserta lain yang
tidak memperoleh tugas permainan tersebut diminta memberikan komentar,
tanggapan terhadap proses permainan komunikasi berantai tersebut!
2. Mahasiswa dikelompokkan kedalam
beberapa kelompok, misalnya 5 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 6 – 8
mahasiswa. Masing-masing mahasiswa menerima selembar kertas kosong. Selanjutnya
mahasiswa diminta untuk menggambar secara bebas, dengan catatan :
· Mahasiswa diminta untuk menentukan akan
menggambar apa.
· Mahasiswa dilarang untuk menginformasikan
gambar yang Anda pilih tersebut kepada temannya. Artinya cukup Anda saja yang
tahu tentang gambar tersebut.
· Waktu menggambar dilakukan secaara bersamaan
dengan aba-aba dari dosen atau pemandu.
· Pada saat menggambar masih berlangsung,
gambar tersebut digeser searah atau berlawanan arah dengan jarum jam.
· Pergeseran gambar tersebut dilakukan setiap 1
– 2 menit, sampai pada akhirnya gambar yang beredar tersebut kembali kepada si
pemilik.
Setelah permainan tersebut
selesai, maka coba perhatikan gambar masing-masing mahasiswa tersebut. Apakah
gambar tersebut sesuai atau tidak dengan ide semula? Kalau gambar tersebut
sesuai dengan ide semula, mengapa hal itu bisa terjadi?
3. Mahasiswa dikelompokkan ke dalam
kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan antara 6 s/d 10 mahasiswa untuk
setiap kelompoknya. Selanjutnya edarkan kertas HVS kosong dimana setiap
kelompok memperoleh cukup satu lembar saja. Setiap kelompok dipilih secara sukarela
untuk menjadi ketua kelompok. Ketua kelompok yang terpilih tersebut akan
menjadi pengamat diskusi dikelompoknya. Selanjutnya, setiap kelompok memilih
satu topik diskusi yang aktual secara bebas. Tugas masing-masing ketua kelompok
adalah mengamati dan mencatat sinyal nonverbal yang muncul selama proses
diskusi berlangsung dilembar kertas kosong HVS yang telah disediakan.
4. Ketika Anda berada dalam suatu
ruang perpustakaan atau ruang laboratorium komputer, coba Anda amati dan
identifikasi berbagai sinyal komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan
oleh para mahasiswa tersebut.
- · JAWABAN : (URAIAN)
- Pilihlah secara acak sekitar 5 – 8 mahasiswa yang ada di dalam kelas, Kelompok kami (Kelompok 6) memilih 5 mahasiswa yang terdiri atas :
1) Nanda Trias Ramadhani (E2A015046) (S1 Manajemen)
2) Muhammad Edi Hartanto (E2A015032) (S1 Manajemen)
3) Reynaldi Alfi Yulianto (E2A015025) (S1 Manajemen)
4) Muh. Hilal Wildanul. K (E2A0150..) (S1 Manajemen)
5) Muhammad Zakaria (E2A015012) (S1 Manajemen)
6) Bayu Steven (E2B0150..) (S1 Akuntansi)
7) Dwi (E2B0150..) (S1 Akuntansi)
Pilih salah seorang untuk
diantaranya untuk tetap tinggal didaalam kelas : Kelompok kami memilih salah
satu diantara mereka yaitu Ananda Reynaldi Alfi Yulianto salah seorang mahasiswa
dari Fakultas Ekonomi prodi S1 Manajemen. Selanjutnya kami selaku kelompok 6
menyampaikan suatu pesan kepada saudara Reynaldi Alfi Yulianto, pesan tersebut
berisi :
a. Kuliah yuk biar pintar jangan
titip absen ya.
b. Semangat kuliah itu karena ada kamu.
c. Kalau mencari ilmu saja kamu
malas, bagaimana kamu mencari pasangan hidup nanti.
d. Kamu tidak akan berbohong kepada hatimu sendiri, tapi kamu
pasti bisa berbohong kepada pasanganmu.
e. Mata bisa salah memandang, mulut
bisa salah berucap, akan tetapi hati tak pernah salah merasa.
f. Kalau suka ya bilang suka, kalau
sayang ya bilang sayang, kalau cinta jangan ditunda-tunda, nanti diambil orang.
2. Bagaimana caranya? Saudara
Reynaldi Alfi Yulianto memanggil peserta dengan urutan sebagai berikut :
1) Hilal Wildanul Khuluq
2) Bayu Steven
3) Muhammad Zakaria
4) Dwi
5) Muhammad Edi Hartanto
6) Nanda Trias Ramadhani
![Text Box: REYNALDI ALFI.Y](file:///C:/Users/ASUSX5~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
![Text Box: BAYU](file:///C:/Users/ASUSX5~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.png)
![Text Box: HILAL](file:///C:/Users/ASUSX5~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.png)
![]() |
![]() |
![]() |
||||
![]() ![]() |
2 Setiap kelompok terdiri atas 6 – 8 mahasiswa, Kelompok kami memilih (para mahasiswa) tersebut, yakni sebagai berikut :
1)
Shoffiyah
(S1 Manajemen)
2)
Umi
Farida (S1 Manajemen)
3)
Reynaldi
Alfi.Y (S1 Manajemen)
4)
Muhammad
Edi.H (S1 Manajemen)
5)
Nanda
Trias.R (S1 Manajemen)
6)
Andratmaja.T.P (S1 Manajemen)
Mereka semua diminta untuk menggambar secara bebas, gambar tersebut
akan di putar searah jarum jam selama 1 – 2 menit yang dipandu oleh salah
seorang anggota kelompok kami, lalu apabila gambar telah sampai pada pemilik
awal akhirnya permainan telah selesai, lalu apakah ide tersebut sama dengan ide
awal ataukah tidak? Bisa dijelaskan kalau sama berarti semua kelompok tersebut
antusias untuk menjalankan permainan sangatlah kuat dan mereka sangat
berkonsentrasi, namun apabila tidak hal itu disebabkan karena sulitnya
seseorang dalam membaca pikiran atau karakter orang lain karena biasanya untuk
hal seperti itu diperlukan pembelajaran sesuai dengan ilmu dan bidangnya. Untuk
dapat menebak hal semacam itu kita juga bisa menggunakan gerakan tubuh,
sinyal-sinyal, bahasa tubuh (body language) dan lain sebagainya karena hal
tersebut digunakan sebagai alat untuk berkomunukasi dengan orang lain.
3. Mahasiswa
dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan antara 6 s/d
10 mahasiswa, kelompok kami memilih 4 kelompok yang telah di bentuk saat
pembentukan kelompok (kemarin). Setelah itu kelompok kami membagikan kertas HVS
pada kelompok-kelompok tersebut (yang terpilih) selanjutnya kami melakukan
pengamatan sebagai berikut :
1) Pertama
pada pengamatan pertama kami melihat adanya percakapan, kontak mata,
tersenyum,nada ramah dalam suara, dan percakapan dalm personal topic.
2) Pengamatan
kami juga tertuju pada adanya mahasiswa yang menghindar agar tidak dikuasai
oleh dosen dengan menggunakan teknik-teknik dominan, seperti sembunyi di pundak
teman dan lain sebagainya.
3) Adanya
gaya-gaya mahasiswa yang umum pada semula seperti percaya diri yang kuat,
keyakinan mahasiswa yang kuat, ragu-ragu, gembira dan lain sebagainya.
4. Komunikasi verbal dan nonverbal
yang terjadi pada mahasiswa yang sedang berada dalam perpustakaan atau
laboratorium komputer yaitu :
- · Untuk komunikasi verbal :
1) Biasanya para mahasiswa melakukan
percakapan secara langsung yaitu dengan cara bertatap muka.
2) Mendengarkan berita atau cerita,
baik secara langsung ataupun melalui media (biasanya yang melalui media ialah
laboratorium komputer).
3) Melakukan panggilan lewat telepon.
4) Interaksi mahasiswa dengan
mahasiswa saat berada dalam ruangan tersebut.
5) Aktivitas jual beli, antara
penjual dan pembeli.
- · Adapun contoh komunikasi nonverbal adalah di bawah ini :
1) Bahasa tubuh seperti
: bersalaman, sentuhan, anggukan kepala, cara berpakaian, gerakan tangan dll.
2)
Ekspresi wajah
seperti : senyum, tertawa, pandangan mata, mengkerut, dll.
3) Simbol-simbol atau
lambang-lambang seperti : pakaian seragam yang menunjukkan identitas si
pemakai.
Hal-hal yang diuraikan diatas ialah hal-hal yang dapat
membuat komunikasi antar individu (mahasiswa yang satu dengan yang lainnya)
berjalan baik, tetapi sebaliknya apabila komunikasi tanpa disertai oleh segala
sesuatu yang telah diuraikan kelompok kami diatas maka komunikasi tersebut
menjadi tidak baik dan dalam waktu yang singkat komunikasi tersebut akan
terhenti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar